RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PEMBELAJARAN
JARAK JAUH
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 1 Bunut
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Ekologi
Sub Materi : Perubahan Lingkungan
Sumber Belajar : Video “Kebakaran hutan”
Email :
suryasirifa@gmail.com
A. Tujuan Pembelajaran
ü Siswa dapat
menganalisis perubahan lingkungan , penyebab dan dampaknya bagi kehidupan
ü Siswa dapat
merumuskan gagasan pemecahan masalah lingkungan.
B.
Alat dan Media
- Whatshapp
group (WAG) antara guru, orangtua dan siswa. Orangtua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang
mengoperasikan WA, maka orangtua wajib mendampingi mereka
-
Google
Classroom antara guru dan siswa. Digunakan sebagai media pemberian video dan
sumber belajar lain.
C.
Bahan/ Materi
Gambar
dan video , link yang sesuai materi pembelajaran.
D.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan :
· Guru menyapa siswa dan
orangtua dalam group WA
Assalamu'alaikum
anak-anak semua, semoga tetap semangat. Kita kembali dalam pertemuan biologi,
mudah-mudahan pembelajaran biologi pada pertemuan ini tercatat sebagai ibadah
yang bermanfaat. Ayo, setelah anak-anak berkativitas bersama orangtua, maka
untuk menjaga kebersihan jangan lupa cuci tangan dengan sabun n air mengalir
sebelum dan sesudah kegiatan.
2.
Kegiatan Inti
·
Guru meminta siswa dan orangtua menyimak
video tentang kebakaran hutan di Pelalawan-Riau
Anak-anak kita akan memulai materi kita hari ini
dengan menonton video ya. Sebelumnya ajak ayah dan ibu atau adik duduk bersama.
Ciptakan suasana santai dan bahagia bersama keluargamu.
·
Siswa
diberi kesempatan siswa untuk berdiskusi tentang video yang telah disimak.
Bagaimana isi videonya? Coba kamu diskusikan bersama
orangtuamu, di lingkungan tempat tinggalmu apakah pernah terjadi kebakaran
hutan. Nah, pada umumnya matapencaharian penduduk di daerah Pelalawan adalah
sebagai petani sawit dan karet, tentunya termasuk kedua orangtuamu.
·
Siswa diberikan tambahan materi sebagai kaitan dengan
video yang sudah di simak.
Coba kamu
baca wacana pada artikel di link dibawah ini ya .
·
Siswa diminta menganalisis keterkaitan antara video
dengan wacana
Sekarang berdiskusilah bersama orangtuamu, adikmu atau
kakakmu bagaimana keterkaitan video dengan wacana tersebut. Menurutmu apakah dengan semua fenomena diatas akan
membuat terjadinya perubahan lingkungan?
·
Siswa mengeksplorasi pengetahuannya dan
keterampilannya untuk mengumpulkan data tentang kerusakan lingkungan
ü Bagaimana anak-anak, apakah kamu
sudah diskusi dengan ayah, bunda, adik atau kakakmu? Semoga melalui informasi
pada video dan wacana yang telah kamu pahami
kamu bisa menemukan keterkaitannya dengan perubahan lingkungan.
ü Untuk lebih memahami materi
pembelajaran kita,silakan anak-anak cari data berikut melalui WA dan minta
TOLONG kepada narasumber yang akan kamu berikan pertanyaan, jangan lupa ucapkan
MAAF kepada mereka karena telah menyita waktu mereka . Kamu bisa memasukkan
ayah, bunda, teman sebagai sumber. Isi hasil survey dalam tabel berikut :
Pertanyaan
|
Narasumber 1
|
Narasumber 2
|
Narasumber 3
|
Narasumber 4
|
Narasumber 5
|
Apa saja
kerusakan lingkungan disekitarmu ?
|
……
|
……
|
……
|
……
|
……
|
Apa penyebabnya?
|
……
|
……
|
……
|
……
|
……
|
Bagaimana dampaknya?
|
……
|
……
|
……
|
……
|
……
|
·
Siswa menganalisis kerusakan dan mencari solusi
pemecahan maslah lingkungan yang didiskusikan.
ü Setelah kamu berhasil mengumpulkan
data tersebut,selanjutnya buatlah sebuah wacana berupa tanggapanmu terhadap
hasil survey tersebut, dan yang terpenting berikan solusi pemecahan masalah
dari kerusakan lingkungan tersebut. Hasil survey dan wacana analisismu ditulis
di buku catatanmu, kirim ke googleclassroom dalam bentuk PDF. Sebagai bukti
kamu belajar bersama orangtua jangan lupa videokan kegiatanmu.
·
Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan
pembelajaran.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan
do’a
ü Nah kalau sudah selesai belajar
jangan lupa bersyukur dan ucapkan TERIMA KASIH kepada ayah, ibu, kakak, adik
dan teman-temanmu yang telah mendampingi dan membantu kalian belajar ya.
E.
Penilaian Pembelajaran
1.
Sikap : Observasi nilai keaktifan, bekerjasama,jujur
dan bertanggung jawab
2.
Pengetahuan
: Tertulis
( Membuat tabel hasil survey dan hasil
analisis)
1.
Keterampilan : Foto, kuis dan
video hasil kegiatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar