Kamis, 18 Juni 2020

RPP MAPEL BIOLOGI KELAS X SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Satuan Pendidikan      : SMA Negeri 1 Bunut
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X / Genap
Materi Pokok              : Ekologi
Sub Materi                  : Perubahan Lingkungan
Sumber Belajar            : Video  “Kebakaran hutan”
Email                           : suryasirifa@gmail.com




A.  Tujuan Pembelajaran
ü  Siswa dapat menganalisis perubahan lingkungan , penyebab dan dampaknya bagi kehidupan
ü  Siswa dapat merumuskan gagasan pemecahan masalah lingkungan.

B.     Alat dan Media
-         Whatshapp group (WAG) antara guru, orangtua dan siswa. Orangtua/wali yang menggunakan WA bersama anak. Jika anak yang mengoperasikan WA, maka orangtua wajib mendampingi mereka
-          Google Classroom antara guru dan siswa. Digunakan sebagai media pemberian video dan sumber belajar lain.

C.     Bahan/ Materi    
Gambar dan video , link yang sesuai materi pembelajaran.

D.    Kegiatan Pembelajaran
           1.      Pendahuluan :
·                                                         Guru menyapa siswa dan orangtua dalam group WA
Assalamu'alaikum anak-anak semua, semoga tetap semangat. Kita kembali dalam pertemuan biologi, mudah-mudahan pembelajaran biologi pada pertemuan ini tercatat sebagai ibadah yang bermanfaat. Ayo, setelah anak-anak berkativitas bersama orangtua, maka untuk menjaga kebersihan jangan lupa cuci tangan dengan sabun n air mengalir sebelum dan sesudah kegiatan.

           2.      Kegiatan Inti
·         Guru meminta siswa dan orangtua menyimak video tentang kebakaran hutan di Pelalawan-Riau
Anak-anak kita akan memulai materi kita hari ini dengan menonton video ya. Sebelumnya ajak ayah dan ibu atau adik duduk bersama. Ciptakan suasana santai dan bahagia bersama keluargamu.

·         Siswa diberi kesempatan siswa untuk berdiskusi tentang video yang telah disimak.
Bagaimana isi videonya? Coba kamu diskusikan bersama orangtuamu, di lingkungan tempat tinggalmu apakah pernah terjadi kebakaran hutan. Nah, pada umumnya matapencaharian penduduk di daerah Pelalawan adalah sebagai petani sawit dan karet, tentunya termasuk kedua orangtuamu.

·         Siswa diberikan tambahan materi sebagai kaitan dengan video yang sudah di simak.
Coba kamu baca wacana pada artikel di link dibawah ini ya .


·         Siswa diminta menganalisis keterkaitan antara video dengan wacana
Sekarang berdiskusilah bersama orangtuamu, adikmu atau kakakmu bagaimana keterkaitan video dengan wacana tersebut. Menurutmu  apakah dengan semua fenomena diatas akan membuat terjadinya perubahan lingkungan?
·         Siswa mengeksplorasi pengetahuannya dan keterampilannya untuk mengumpulkan data tentang kerusakan lingkungan
ü  Bagaimana anak-anak, apakah kamu sudah diskusi dengan ayah, bunda, adik atau kakakmu? Semoga melalui informasi pada video dan wacana yang telah kamu pahami  kamu bisa menemukan keterkaitannya dengan perubahan lingkungan.
ü  Untuk lebih memahami materi pembelajaran kita,silakan anak-anak cari data berikut melalui WA dan minta TOLONG kepada narasumber yang akan kamu berikan pertanyaan, jangan lupa ucapkan MAAF kepada mereka karena telah menyita waktu mereka . Kamu bisa memasukkan ayah, bunda, teman sebagai sumber. Isi hasil survey dalam tabel berikut :
Pertanyaan
Narasumber 1
Narasumber 2
Narasumber 3
Narasumber 4
Narasumber 5
Apa saja kerusakan lingkungan disekitarmu ?
……
……
……
……
……
Apa penyebabnya?
……
……
……
……
……
Bagaimana dampaknya?
……
……
……
……
……

·         Siswa menganalisis kerusakan dan mencari solusi pemecahan maslah lingkungan yang didiskusikan.
ü  Setelah kamu berhasil mengumpulkan data tersebut,selanjutnya buatlah sebuah wacana berupa tanggapanmu terhadap hasil survey tersebut, dan yang terpenting berikan solusi pemecahan masalah dari kerusakan lingkungan tersebut. Hasil survey dan wacana analisismu ditulis di buku catatanmu, kirim ke googleclassroom dalam bentuk PDF. Sebagai bukti kamu belajar bersama orangtua jangan lupa videokan kegiatanmu.
·         Guru dan siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
·         Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan salam dan do’a
ü  Nah kalau sudah selesai belajar jangan lupa bersyukur dan ucapkan TERIMA KASIH kepada ayah, ibu, kakak, adik dan teman-temanmu yang telah mendampingi dan membantu kalian belajar ya.

E.     Penilaian Pembelajaran
1.      Sikap :  Observasi nilai keaktifan, bekerjasama,jujur dan bertanggung jawab
2.      Pengetahuan : Tertulis ( Membuat tabel hasil survey  dan hasil analisis)
1.      Keterampilan : Foto, kuis dan video hasil kegiatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar