Senin, 15 Juni 2020

Kingdom Plantae


BELAJAR MELALUI ALAM

Pada kelas X SMA dalam Kurikulum 2013 salah satu Kompetensi adalah tentang Kingdom Plantae. Berbagai media pembelajaran telah disediakan bagi siswa agar bisa memahami kingdom Plantae.
Kingdom ini merupakan salah satu kingdom yang paling mudah diamati, berbeda dengan kingdom Monera, Protista, Fungi, Kingdom ini lebih beragam.
Dalam kingdom Plantae, siswa diharapkan mampu mendeskripsikan ciri, stuktur, reproduksi bahkan hingga peran dari plantae tersebut.
Sebagai seorang guru tentu akan berusaha merancang pembelajaran menarik untuk mencapai tujuan pembelajan. Berbagai media bisa digunakan, media satu dimensi, dua dimensi, media teknologi informasi semua bisa dikreasikan oleh seorang guru kreatif. Namun, ada yang mulai banyak dilupakan, kingdom plantae atau kingdom tumbuhan ada di sekitar siswa, sudah seharusnya siswa dibawa mengenal lingkungannya. Melalui alam siswa bisa belajar dan dari alam siswa akan membentuk karakter yang menjadi tuntutan dalam tujuan pembelajaran.
Sebelum memahami berbagai macam plantae di alam, siswa lebih dahulu dibekali dengan materi-materi dasar tentang plantae, berikut beberpa video yang bisa disajikan ke siswa 

1. Pengelompokan Plantae
Sebagai motivasi awal bagi siswa , berikan kesempatan siswa menonton tayangan video berikut :



Untuk memahami ciri, struktur, reproduksi, pengelompokan dan peran dari pengelompokan di atas, siswa bisa memahami melalui link youtube berikut  :


Setelah siswa mengamati video motivasi, dan materi pembelajaran, paling penting untuk menguatkan pemahaman siswa dengan melihat langsung objek di alam, guru bisa menerapkan metode praktek lapangan, karyawisata, tergantung kreasi guru dan kondisi lingkungan sekolah.
Dengan bekal ilmu yang sudah didapat, dan tambahan langsung belajar di alam akan memberikan pembelajaran bermakna bagi siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar